Jumat, 22 Oktober 2010

Asal-Usul Hantu


Sebenarnya, dalam era globalisasi yang semakin berkembang seperti di zaman ini, setan merupakan sesuatu yang sangat aneh namun kerap terjadi. Di Indonesia, sebenarnya juga masih banyak terdapat hantu hantu yang bergentayangan dan masyarakatpun juga masih sangat mempercayainya. Kabarnya, ada beberapa macam hantu yang pernah terlihat di Indonesia, Misalnya seperti hantu pocong, hantu kuntilanak, hantu manggarai, tuyul, medi colok, dan masih banyak lagi jenis hantu yang ada dan pernah terlihat di Indonesia.
Pada dasarnya, ada sebab musabab mengapa hantu atau arwah bisa gentayangan di dunia. Pocong misalnya, hantu pocong berawal dari peristiwa kematian seseorang. Dalam prosesi mengubur, ada pihak yang lupa untuk melepaskan tali pocong dari mayat tersebut.
Sehingga, dengan keadaan mayat yang tetap tertali pocong, dia akan gentayangan mencari seseorang yang mau dan bisa melepaskan tali pocongnya. Selanjutnya, Kuntilanak adalah hantu dengan bentuk sesosok wanita  dengan berbaju putih dan rambut panjang.
Sebenarnya, kuntilanak juga berangkat dari arwah mayat seseorang yang gentayangan. Mayat yang kemudian bisa menjadi kuntilanak adalah mayat seorang wanita yagng melahirkan dalam kubur. Kemudian Hantu manggarai muncul disebabkan karena terjadinya kecelakaan pada sebuah kereta api yang mana kecelakaan tersebut memakan semua penumpang sebagai korban.
Sehingga, arwah yang meninggal dalam kecelakan ini menjadi gentayangan dan menjadi hantu manggarai. Tuyul adalah hantu dalam bentuk anak laki laki kecil gundul yang mempunyai tangan sangat panjang dan bentuk wajah lonjong. Biasanya, jenis setan ini dimanfaatkan manusia untuk “pesugihan.”


Artikel Terkait:

0 komentar:

Poskan Komentar

Time

Total Visitor

Total Visitors

free counters

My Visitors 2

free counters

referrer